Home » » RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)

RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)

Written By Unknown on Senin, 06 April 2015 | 06.49



RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)






KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JATUH
TAHUN 2015


KATA PENGANTAR


Syukur alhamdulillah, segala puji dan syukur kepada Allah swt, Tuhan seru sekalian alam, Salawat dan Salam dihaturkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW., dengan rahmat dan karunia-Nya jualah, yang telah memberikan petunjuk dan kekuatan sehingga dapat menyelesaikan Rencana Strategis Pendidikan dan pengajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatuh.
Rencana Strategis Pendidikan dan pengajaran ini sangat penting dan bermanfaat bagi Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatuh, sekaligus merupakan panduan, dan arah pengembangan terhadap pelaksanaan Pendidikan dan pengajaran ke depan. Keberadaan Rencana Strategis Pendidikan dan pengajaran ini diharapkan mampu memproyeksi Tujuan dan Rencana Strategis akan diterapkan untuk mengembangkan Pendidikan dan pengajaran, baik dalam bidang kurikulum, peningkatan sumber daya manusia juga melengkapi sarana dan prasarana yang sudah ada.
Terima kasih kami sampaikan kepada pihak-pihak yang turut membantu penyelesaian Rencana Strategis Pendidikan dan pengajaran ini, baik yang terlibat langsung ataupun tidak langsung. Saran dan kritik sangatlah diharapkan demi perbaikan dan kemajuannya.



Jatuh,  Januari 2015
Kepala MTsN Jatuh




Drs. Muhamad Akli, M.Pd.I
NIP. 196804142000031005





DAFTAR ISI

Halaman

Kata Pengantar ………………………………………………………………………...
Daftar Isi ……………………………………………………………………………… i
ii

A
B
C
D
E

PROFIL MADRASAH …………………………………………………………
 TUJUAN PENGEMBANGAN ………………………………………………...
 STRATEGI  PENGEMBANGAN…….………………………………………
 PROGRAM – PROGRAM UTAMA …………………………………………..
RENCANA REALISASI ……………………………….………………………
1
1
2
4
4
6
Lampiran ……………………………………………………………………….…….. 9





















RENSTRA MADRASAH TSANAWIAYAH NEGERI JATUH
TAHUN PELAJARAN 2015

A. Profil Madrasah

NPSN : 30302252
NSM : 121163070004
Nama Sekolah : MTs NEGERI  JATUH
Alamat Sekolah : Jl. Sarigading Desa Jatuh Kec. Pandawan Kab. HST
Telepon : -
Fax : -
Website : -
Email : mtsnjatuh@kemenag.go.id
Visi              :   “ MATIB BERILMU ( Madrasah Tertib Bersih Indah Lugas dan
                                             Bermutu ) “
M i s i  :
1. Melaksanakan Proses belajar mengajar, layanan bimbingan secara efektif
2. Melaksanakan bimbingan jasmani dan rohani
3. Mengembangkan peningkatan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler.
4. Mengembangkan manajemen partisipatif.
5. Merehabilitasi dan penambahan sarana prasarana.

Struktur Organisasi :
1. Kepala Madrasah : Drs. Muhamad Akli/ NIP. 196804142000031005
2. Kepala Urusan Tata Usaha : Muhammad Noor S.Sos.I  / NIP. 197402011998031002
3. Wakil Kepala Madrasah / Wakamad
a) Wakamad Kurikulum : Hairuddin, S,Pd /  NIP. 197510232005011014
b) Wakamd Humas & Keagamaan : Anwar Asy’ari, S.Pd. / NIP. 198004212007101001
c) Wakamad Kesiswaan : Akhmad Syafiq, S.Ag. / NIP. 196902182006041008
d) Wakamd Sarana & Prasarana : Normansyah, S.Pd. / NIP. 197202082007011024
4. Pengelola Keuangan
a) Bendahara DIPA : Mujenah, S.Ag/NIP. 197604122007102002
b) Bendahara BOS : Al Gazali


5. Pembina dan Pengelola
a) Lab. IPA Bahasa & Komp. : -
b) Pramuka & PIK-R : -
c) UKS : Risnawati, S.Ag/NIP. 197812202007102001
d) Perpustakaan : Mursidi
e) OSIS : Mahdiah, S.Pd/NIP. 197211202005012006
6. Wali-wali Kelas
a) Wali Kelas VII A :  Risnawati, S.Ag/NIP. 197812202007102001
b) Wali Kelas VII B :  Sumiati, S.Ag/Nip: 197004162007012024
c) Wali Kelas VII C :  Risna Yulida, S.Pd/Nip: 197707132007102001
d) Wali Kelas VII D :   Arpiah, S.Pd/Nip: 197509252006042018
e) Wali Kelas VIII A :  Noor Alimah, S. Ag/Nip: 196809292006042011
f) Wali Kelas VIII B :    Syahrida Lathifah, S.Ag/Nip: 197807012007102004
g) Wali Kelas VIII C :  Mahmudah, S.Pd.I/Nip: 197804132007102001
h) Wali Kelas VIII D :    Normas Falah, S.Ag/Nip: 197201072007012019
i) Wali Kelas VIII E :    Nurliani, S,Ag
j) Wali Kelas IX A :  Titin Lilisanti, S.Pd/Nip: 197803022005012006
k) Wali Kelas IX B :  Dra. Hj. Noraida/Nip: 197002091998032002
l) Wali Kelas IX C :  Syumusul Huda Nora, S.Pd/Nip: 197605302005012004
m) Wali Kelas IX D :    Risnawati, S.Pd/Nip: 197508172005012008
       n) Wali Kelas IX E :    Alinamayu Salihat, S.Ag/Nip: 196910212007012020
Fasilitas Sekolah :
a. Fasilitas Seni
* Tradisional :
- Rebana
- Habsy
* Modern :
 - Adanya alat musik band (gitar, drum, keyboard electone)
-  DrumBand
b. Fasilitas Yang Dimiliki
Lapangan Olahraga
o Basket
o Futsal
o Volly
o Bulu Tangkis
Lapangan Upacara
Listrik (PLN)
Telpon
Air Ledeng
Sumur Bor
Internet
TV
LCD Projektor

c. Fasilitas Perpustakaan
Aset Administrasi Perpustakaan MTsN Jatuh
o Buku tamu / penunjang
o Buku inventaris
o Buku besar peminjam
o Buku induk
o Catalog dan klasifikasi buku
o Stempel
o Kartu anggota
o Buku pengembalian
Inventaris Barang Perpustakaan MTsN Jatuh
NO NAMA BARANG JUMLAH BUKU
1 Rak buku pelajaran 9 buah
2 Meja petugas 2 buah
3 Rak katalog 4 buah
4 Rak berkas soal 2 buah
5 Meja baca 4 buah
6 Kipas angin 1 buah
7 Lemari referensi 4 buah
8 Lemari Al Qur’an 1 buah
9 Lemari non fiksi 1 buah
10 Rak meja dan surat kabar 1 buah
11 Meja pelayanan 1 buah
12 Lampu 7 buah
13 Kursi pembaca 30 buah
14 Kursi petugas 2 buah

Jumlah koleksi buku di perpustakaan MTsN Jatuh

NO NAMA BARANG / BUKU JUMLAH BARANG / BUKU
1 Surat kabar 190 buah
2 Majalah Gemini dan gaul 60 buah
3 Buku Non fiksi 395 buah
4 Buku fiksi 355 buah
5 Buku pelajaran 14.862 buah
6 Buku referensi 231 buah
7 Buku umum 150 buah
8 Kitab Al Qur’an 72 buah
9 Makalah 13 buah
10 Klipping 62 buah
11 Berkas soal UN 250 buah

Sarana Sekolah :
a. Jumlah Luas Tanah
Luas tanah seluruhnya  5.946 M2,  :     Nomor Sertifikat : 17.05.02.05.4.00001

b. Gedung Tempat Pendidikan
1. Ruang Dewan Guru :  -    Buah
2. Ruang Tata Usaha :  -    Buah
3. Ruang Kelas : 14  Buah
4. Ruang Perpustakaan : 1    Buah
5. Ruang BP/BK :  -    Buah
6. Lab. Biologi : -     Buah
7. Lab. Komputer : -     Buah
8. Parkir Kendaraan Guru : 1    Buah
9. Parkir Kendaraan Siswa : 2    Buah
c. Perlengkapan Meubeler
1. Meja Kamad : 1     Buah
2. Kursi Kamad : 1     Buah
3. Meja Guru : 30   Buah
4. Kursi Guru : 30   Buah
5. Meja TU : 9     Buah
6. Kursi TU : 9     Buah
7. Meja siswa : 620 Buah
8. Kursi siswa : 620 Buah
Ketenagaan :
a. Guru PNS
Laki :  5 orang
Perempuan : 14 orang
Jumlah : 19 orang

b. Guru Non PNS
Laki : 6 orang
Perempuan : 8 orang
Jumlah : 14 orang

c. Tata Usaha  PNS dan                               Non PNS)
Laki : 1 orang Laki :  6 orang
Perempuan : 1 orang Perempuan :  4 orang
Jumlah : 2    orang
d. Data Siswa :
Kelas 1
Laki : 49 orang
Perempuan : 97 orang
Siswa Miskin : 29 orang

Kelas 2
Laki : 68   orang
Perempuan : 111 orang
Siswa Miskin : 44 orang

Kelas 3
Laki : 58 orang
Perempuan : 81 orang
Siswa Miskin : 57 orang


B. TUJUAN PENGEMBANGAN
Setelah menganalisis berbagai faktor (internal dan eksternal) kondisi objektif pendidikan dan pengajaran di Madrasah Tsanawiyah negeri Jatuh saat ini, maka tujuan  utama rencana induk pendidikan dan pengajaran di Madrasah Tsanawiyah negeri Jatuh ke depan adalah; Menjadikan pendidikan dan pengajaran di Madrasah Tsanawiyah negeri Jatuh yang unggul didukung oleh SDM yang profesional, sarana prasarana yang memadai serta dukungan Stakeholders yang kuat sehingga melahirkan siswa yang kompeten, beraqidah salinah, beribadah shahihah, berakhlaqul karimah, berpengetahuan. Tujuan utama ini akan dicapai melalui pencapaian bidang-bidang, sebagai berikut :
1. Bidang Kesiswaan
a. Mengoptimalkan pembinaan potensi siswa baik asfek intelektual, emosional, spiritualnya melalui berbagai kegiatan.
b. Mendorong dan memfasilitasi berbagai kegiatan ekstra kurikuler: keagamaan, seni dan olah raga yang bertujuan mengembangkan asfek kognitif, afektif dan psikomotorik mereka
2. Guru
a. Mengafektifkan sharing dan kolaboration antar sesama pemegang mata pelajaran yang sama
b. Mengafektifkan kerja dan disiplin
c. Mendorong para guru untuk meningkatkan kompetensi di bidang mata pelajaran yang di ampu
3. Kurikulum
a. Sosialisasi kurikulum 2013 dalam perencanaan, pembelajaran dan evaluasinya kepada semua guru
b. Melengkapi seluruh perangkat administrasi kurikulum dengan pendekatan Competence base
c. Mengkaji ulang silabus mata pelajaran
4. Sarana dan Prasarana
a. Melengkapi sara prasarana pendidikan yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
b. Menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan guru untuk mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi
c. Melengkapi leterature di perpustakaan Madrasah
d. Melengkapi ruang pembelajaran yang berbasis IT
5. Dana
a. Mengoptimalkan akuntabilitas dan transparansi dalam hal pengelolaan dana DIPA Madrasah Tsnawiyah Negeri Jatuh.
b. Mendorong penyederhanaan dalam prosedur dan teknik pencairan dana yang sentralistik sehingga tidak mengganggu kegiatan yang telah direncanakan
c. Mengusahakan fundrising melalui kegiatan yang dibenarkan oleh regulasi yang ada
6. Pengelolaan Program
a. Mendorong untuk terjalinnya berbagai kerjasama dengan berbagai pihak yang mendatangkan keuntungan bagi Madrasah Tsnawiyah Negeri Jatuh
b. Mendistribusikan kegiatan pada Coordinator yang terdiri dari para guru yang aktif
c. Mengefektifkan kerjasama dengan komite dan orang tua/wali siswa dalam pengelolaan program tertentu
7. Proses Pembelajaran
a. Mengoptimalkan penciptaan suasana pendidikan dan pengajaran yang kreatif , inovatif dan terbuka
b. Mengefektifkan perkuliahan melalui peningkatan disiplin bagi dosen dan mahasiswa
c. Mengefektifkan monitoring perkuliahan
d. Mempersiapkan kelas dua bahasa (Bahasa Arab dan Inggris sebagai pengantar)
e. Mempersiapkan kelas berbasis teknologi
8. Lulusan
a. Mengefektifkan organisasi madrasah
b. Mengoptimalkan keterlibatan guru dalam pembinaan kepribadian anak.
c. Mengefektifkan pola hubungan dan kerjasama dengan guru, orang tua dan masyarskst

C. STRATEGI PENGEMBANGAN
Agar proses pengembangan pendidikan dan pengajaran ini dapat berlangsung secara berkesinambungan maka perlu dirancang strategi pengembangan berkelanjutan selama lima tahun (2015-2020), baik secara umum maupun strategi pengembangan setiap bidang pengembangan. Strategi tersebut diharapkan dapat dibreakdown menjadi metode dan teknik-teknik yang tepat guna mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
Strategi pengembangan pendidikan dan pengajaran ini tetap memperhatikan hasil analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) yang dihadapi  sebagaimana yang diuraikan sebelumnya. Dengan demikian pengembangan ini dilakukan dengan mengoptimalkan faktor-faktor kekuatan untuk mengatasi kelemahan yang ada dengan merebut peluang guna meminimalisir/menghilangkan ancaman yang ada.

D. PROGRAM-PROGRAM UTAMA
Berpijak pada hasil analisis SWOT, tujuan, sasaran dan strategi yang ditetapkan maka program yang akan dilaksanakan selama periode 5 tahun yakni dari tahun 2015-2020 dalam bentuk kegiatan, sebagai berikut :
1. Bidang Kesiswaan
a. Pembinaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap
b. Pembiasaan berakhlak islami
c. Pembinaan kreatifitas seni dan olah raga
2. Guru
a. Pembinaan Guru melalui kegiatan observasi, supervisi, dan tindak lanjut
b. Optimalisasi hubungan humanis melalui komunikasi yang santun
c. Penciptaan suasana lingkungan yang nyaman untuk beraktivitas
3. Kurikulum
a. Sosialisasi kurikulum 206 dan 2013: perencanaan, pembelajaran dan penilaiannya kepada semua peserta didik
b. Workshop pembuatan Sasaran Kinerja Pegawai ( SKP )
c. Workshop pembuatan perangkat dan administrasi pembelajaran dengan pendekatan competence base (seperti silabus dan Rencana Program pengajaran /RPP)
d. Workshop penilaian berbasis kompetensi
e. Lokakarya inovasi kurikulum 2006
f. Inovasi kurikulum 2013
4. Sarana dan Prasarana
a. Penyediaan ruang belajar siswa, ruang guru, dan parkir
b. Memfasilitasi LCD di setiap kelas
c. Melengkapi akses internet ( Jaringan Wifi )
d. Menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan guru untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi
e. Pengadaan literature untuk perpustakaan
5. Dana
a. Pengelolaan keuangan dengan prinsip  akuntabel dan transparan
b. Fundrising melalui kegiatan yang dibenarkan oleh regulasi yang ada
6. Pengelolaan Madrasah
a. Kerjasama dengan berbagai pihak yang mendatangkan keuntungan bagi madrasahI
b. Pembentukan tim penanggung jawab program yang terdiri dari para guru yang aktif
7. Proses Pembelajaran
a. Penciptaan suasana pembelajaran yang nyaman, kreatif, menyenangkan terbuka dan kompetitif
b. Peningkatan disiplin bagi guru dan siswa
c. Pengadaan kelas berbasis teknologi
8. Lulusan
a. Terbentuknya pribadi siswa yang memasyarakat
b. Lahirnya Alumni yang berakidah, berakhlak mulia sesuai ajaran islam
c. Optimalisasi hubungan dan kerjasama dengan alumni


BIDANG
URAIAN KEGIATAN TAHUN RENCANA REALISASI
15 16 17 18 19 20
I II III IV V VI
1 Kesiswaan A Mengoptimalkan pembinaan potensi siswa baik asfek intelektual, emosional, spiritual.
B Mendorong dan memfasilitasi berbagai kegiatan ekstra kurikuler: keagamaan, seni dan olah raga yang bertujuan mengembangkan asfek kognitif, afektif dan psikomotorik.
C Pembinaan kreatifitas seni dan olahraga
2 Guru A Mengafektifkan sharing dan kolaboration antar sesama pemegang mata pelajaran yang sama
B Mengafektifkan kerja dan disiplin
C Penciptaan suasana lingkungan yang nyaman untuk beraktivitas
3 Kurikulum A Mengoptimalkan akuntabilitas dan transparansi
B Workshop pembuatan Sasaran Kinerja Pegawai       ( SKP )
C Workshop pembuatan perangkat dan administrasi kurikulum
D Workshop penilaian berbasis kompetensi
E Inovasi kurikulum 2006
F Inovasi kurikulum 2013
G Inovasi kurikulum 2005
4 Sarana prasarana A Penciptaan suasana pembelajaran yang nyaman, kreatif, menyenangkan terbuka dan kompetitif
B Memfasilitasi  LCD  di setiap kelas
C Melengkapi akses internet
D Menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan guru untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi
E Pengadaan literatur I memadai
5 Dana A Pengelolaan keuangann dengan prinsip desentralisasi, akuntabel dan transparan
B Funrising melalui kegiatan yang dibenarkan oleh regulasi yang ada
6 Pengelolaan program A Kerjasama dengan berbagai pihak yang mendatangkan keuntungan
B Pembentukan tim penanggung jawab program yang terdiri dari  guru yang aktif
7 Proses pembelajaran A Penciptaan suasana perkuliahan yang ilmiah, kreatif, terbuka dan kompetitif
B Peningkatan disiplin bagi dosen mahasiswa
C Implementasi kelas dwi bahasa (Bahasa Arab/Inggris sebagai pengantar)
D Pengadaan kelas berbasis teknologi
8 Lulusan A Terbentuknya pribadi siswa yang memasyarakat

B Lahirnya Alumni yang berakidah, berakhlak mulia sesuai ajaran islam

C Optimalisasi hubungan dan kerjasama dengan alumni

E. RENCANA REALISASI PROGRAM PENGEMBANGAN  DAN PEMBINAAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JATUH







Share this article :

2 komentar:

  1. Casinos Near me - MapyRO
    Find the 구리 출장마사지 best casinos near me in 안산 출장안마 Macau and around the world. 이천 출장샵 Searching for the 천안 출장샵 best casinos in Macau? MapyRO is a casino that offers you the 순천 출장마사지 same

    BalasHapus
  2. The King Casino Resort - Hertzaman
    Find the perfect place to stay, play, 토토사이트 and 토토 사이트 unwind at https://tricktactoe.com/ Harrah's 출장샵 Resort Southern herzamanindir.com/ California. Get your points now!

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEMBANGUN GENERASI ISLAMI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger